Pokok Bahasan :
1. Pengertian, fungsi dan manfaaat manajemen
2. Manajemen organisasi non profit
Tujuan :
1. Mengerti dan memahami fungsi, manfaat dan bentuk – bentuk manajemen
2. Mengetahui bagaimana memilih dan menerapkan manajemen yang tepat.
Pendalaman Materi
Bila
dipelajari dari literatur manajemen, maka akan jelas bahwa isitilah
manajemen mengandung tiga pengertian, pertama : Manajemen sebagai proses
kedua : Manajemen sebagai kolektifitas orang yang melakukan manajemen
dan ketiga : Manajemen sebagai suatu seni ( ART ) dan sebagai ilmu.
Pengertian
diatas dapat disimpulkan bahwa Manajemen adalah seni dan ilmu
perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan
dari pada sumber daya, terutama sumber daya manusia untuk mencapai
tujuan yang sudah ditetapkan.
FUNGSI – FUNGSI DASAR MANAJEMEN
1. Planning ( Perencanaan )
Adalah pemilihan sekumpulan kegiatan dan pemutusan selanjutnya ada yang harus dilakukan, kapan, bagaimana dan oleh siapa.
Tipe – tipe planning :
a. Rencana strategi ( strategic planning )
Proses
pemilihan tujuan – tujuan organisasi, penentuan strategi,
kebijakasanaan dan program – program strategis yang diperlukan untuk
tujuan yang sudah ditetapkan.
b. Rencana operasional ( operasional planning )
Rencana operasional ini dibagi menjadi dua :
Rencana operasional sekali pakai : Adalah rencana untuk mencapai tujuan
organiasi tertentu yang tidak dapat berulang dalam bentuk yang sama di
waktu mendatang.
Rencana operasional tetap : Adalah rencana yang
berupa kebijaksanaan, prosedur dan aturan yang ditetapkan dan akan terus
ditetapkan sampai perlu diadakan perubahan ataupun dihapus.
Tahap – tahap planning :
a. Menentukan tujuan atau serangkaian tujuan
b. Merumuskan keadaan / kondisi saat ini
c. Mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan
d. Mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan
Syarat – syarat planning :
a. Tujuan dirumuskan dengan jelas
b. Sederhana / simple tetapi tidak remeh, tidak terlalu tinggi tetapi rasional, mudah dipahami dan dilaksanakan.
c. Sifatnya fleksibel ( dapat menyesuaikan )
d. Ada keseimbangan planning ke luar dan kedalam
e. Membuat analisa dan pengelompokan kegiatan yang direncanakan
Manfaat Planning :
a. Tujuan dapat sesuai dan jelas
b. Merupakan guide ( petunjuk ) bagi anggota
c. Merupakan control/alat pengendali pelaksanaan kerja organisasi
d. Menjamin sumber – sumber secara efektif dan efisien
e. Memudahkan koordinasi
2. Organizing ( Pengorganisasian )
Adalah
proses pengelompokan orang – orang, alat – alat, tugas dan tanggung
jawab atau wewenang sedemikian rupa sedemikian rupa sehingga tercipta
satu kesatuan kerja yang utuh dalam rangka mencapai tujuan.
Proses Organizing :
a.
Perumusan tujuan harus jelas dan lengkap, baik bidang, ruang lingkup,
sasaran keahlian, serta peralan yang diperlukan sehingga diketahui besar
kecilnya organisasi.
b. Penetapan tugas pokok, yaitu sasaran yang dibebankan pada organisasi untuk dicapai.
c. Perincian kegiatan / membuat skala prioritas.
d. Pengelompokan kegiatan
e. Departementasi yaitu proses penobatan fungsi – fungsi menjadi kesatuan kerja, misalnya : biro, bagian, dll.
f. Penetapan otoritas / wewenagn / kekuasaan.
g. Staffing / rekrutmen / penarikan anggota.
3. Actuating ( penggerakan )
Adalah
tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota / orang mau melaksanakan
dan berusaha untuk mencapai tujuan sesuai dengan rencana yang
ditetapkan.
4. Controlling ( pengawasan )
Adalah tindakan yang mengusahakan agar setiap kegiatan yang dilakukan tidak menyimpang dari rencana yang sudah ditetapkan.
Tehnik pengawasan :
a.
Pengawasan preventif/steering control yaitu pengawasan yang bersifat
pencegahan dari kemungkinan penyimpangan kegiatan yang dilakukan.
b.
Pengawasan pantangan / yes no control yaitu pengawasan yang berupa
ketentuan tentang hal yang boleh dilakukan dan hal yang tidak boleh
dilakukan.
c. Pengawasan remedial / post action control yaitu
pengawasan yang bersifat pengobatan terhadap terjadinya hal – hal yang
menyimpang dari perencanaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar